Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) melalui Komite Etik Penelitian bekerjasama dengan Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN) KEMENKES RI mengadakan Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai Senin 18 – 20 Desember 2017 di Hotel Tara Yogyakarta.

Ketua Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN) DR. dr. Triono Soendoro, Ph.D. sekaligus narasumber pelatihan, dalam sambutanya mengatakan kegiatan pelatihan etik dasar dan lanjut ini sangat penting sebagai upaya peningkatan kemampuan peserta dalam proses ethical review melalui latihan penyelesaian studi kasus dan meningkatkan kapasitas dan standar etik penelitian kesehatan bagi komisi etik penelitian kesehatan institusi.

“Saya berharap UNISA mampu mendorong lembaga dibawahnya untuk mendapatkan akreditasi etik penelitian dan pengembangan,” imbuhnya.

Wakil Rektor I UNISA Taufiqurrahman, SIP., MA., Ph.D dalam sambutanya berharap dengan diadakanya kegiatan ini bisa menghasilkansesuatu yang bernilai, apalagi perkembangan dan tantangan dalam dunia penelitian ini sudah semakin kompleks. “Diharapkan para peserta bisa mengembangkan dan mengimplementasikan di institusi masing- masing,” lanjut Taufiq.

Peserta pelatihan hadir dari berbagai lembaga pendidikan dan instansi rumah sakit dari seluruh Indonesia.

Sumber https://www.unisayogya.ac.id/pelatihan-etik-unisa/